Friday 7 March 2014

Cara Membuat "Read More" di Postingan dengan Mudah tanpa Script

Diposkan oleh corat coret di 00:10:00
           Saya mengenal apa itu blog sejak saya SMA sekitar 8 tahunan yang lalu (WOW...keliatan tuanya hahahahaha). Saya juga tahu bagaimana cara membuat blog mau pakai blogger atau wordpress, namun saya tidak pernah berminat untuk membuatnya, karena saya belum memiliki komputer dan internet (dulu laptop jarang orang yang punya harganya juga masih selangit, apalagi tab...weleeeehhhh) sehingga kalau ingin membuat blog otomatis saya harus sering-sering ke warnet. Uang saku saya tidak cukup untuk semua itu. Saya bukan dari keluarga brahmana atau ksatria keluarga saya hanya kaum sudra (bilang kere saja susah sekali ya hahaha). Namun saya memang sudah excited dengan dunia tulis-menulis (ngakunya excited tapi satu karyapun tak ada, ngablak kalau ngomong.....). Ini baru akhir-akhir ini saya mulai belajar mencorat-coret apapun yang ada di otak saya, entahlah orang mau bilang apa tulisan saya ini, saya hanya mau sharing saja ^^. 

           Saya newbie sekali dengan blogging, makanya lihatlah blog saya simple sekali bukan? saya hanya baru bisa basic-nya saja, ganti template dan posting saja. Postingan saya panjang-panjang sekali, jika ditampilkan penuh sekali isi beranda saya. Uhhhh....tidak bisa kelihatan simple, saya iri dengan blog-blog tetangga yang postingannya di beranda hanya menampilkan cuplikannya saja lalu jika pembaca ingin membaca lebih lanjut ada tulisannya begini "Read More" atau "Baca Selengkapnya". Seperti ini

           Postingan begini terkesan lebih simple saja di beranda, terlihat enak jika dipandang. Sangat efisien sekali. Dalam hati saya ingin blog saya tampil seperti itu, mulailah saya tanya mbah Google, woooow menakjubkan!! banyak sekali blog tetangga yang menampilkan bagaimana cara membuatnya. Kata mereka sih mudah, dan ternyata njelimet bin ruwet sekali, karena mereka mengajari kita untuk mengedit HTML script dibagian template. Memang sih, kita hanya disuruh copy paste script yang mereka beri. Tapi copy pastenya tidak disembarang tempat, tapi ada lokasi khusus discript yang harus dicari baru dipastekan script yang dicopy tadi. Mencari lokasi yang tepat ini yang susah. Script seruwet itu harus diteliti satu-satu (mata ini bisa makin minus....). Pada akhirnya saya menyerah. Biarin sajalah postingan saya tampil apa adanya, biarlah panjang atau apa yang penting apa yang saya tulis adalah murni isi otak saya alias original tidak copy paste diblog manapun (cieeeeeeeeeee mulai nyongkak..)
           Pada moment yang sama, saya berniat menulis lalu saya melihat dideret icon formating rata-rata saya sudah mencoba semua icon itu tapi tunggu...saya melewatkan icon seperti icon kertas yang sobek (yang saya lingkari).



           Penasaran sekali apa yang terjadi selanjutnya jika saya meng-klik icon itu. Untuk itu saya meng-edit tulisan saya yang pernah saya buat. Saya menaruh cursor saya di akhir kalimat yang saya lingkari dibawah ini

           Kemudian saya klik icon yang seperti kertas sobek itu ternyata nama iconnya "insert jump break". Lalu kalimat saya tadi jadi seperti ini.



           Ada muncul garis aneh diantara akhir kalimat tadi dan paragraf kedua. Hmmmm buru-buru deh saya melihat "Pratinjau" postingan saya tadi ternyata tidak ada yang berubah. Tapi saya heran, kenapa blogger memberi icon itu jika tidak ada fungsinya. Kemudian saya meng-klik icon "Lihat Blog" di bagian atas sendiri sebelahnya logo Blogger. Dan....ternyata.....tarrraaaaaaaaaaaaaammmmmmm


            
           Postingan saya tadi ditampilkan di beranda blog saya hanya cuplikannya saja sampai pada akhir kalimat dimana saya tadi menaruh cursor kemudian mengklik icon "insert jump break". Ternyata icon "insert jump break" itu fungsinya untuk memotong sampai dimana kalimat yang akan ditampilkan di beranda. Ya...itu yang saya sebut-sebut tadi sebagai "Read More" atau "Baca Selengkapnya". Kalau seperti ini kan beranda saya jadi kelihatan rapi dan simple. Hahahahahaha secara tidak sengaja saya menemukan cara membuat "Read More atau "Baca Selengkapnya" yang mudah tanpa script. Huhuhuhuhuhuhuhuhuhu puas juga ^^.



0 komentar:

Post a Comment

 

Corat Coret Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review