Thursday 24 July 2014

Bongko (read : Bungko)

Diposkan oleh corat coret di 01:00:00
           Tahun 2011 adalah tahun pertama saya harus menjalani puasa di Gresik. Begitulah...karena saya mulai bekerja di sebuah perusahaan di Gresik dari pertengahan September 2010. Untuk pertama kalinya juga saya jalan-jalan dan membeli kebutuhan takjil di pasar Ramadhan yang ada disekitar kos saya. Ada satu hal yang membuat saya penasaran, ini dia penampakannya :



           Panganan yang dibungkus daun pisang ini disebut BONGKO (read : BUNGKO) oleh orang Gresik. Jajanan ini banyak dijual saat bulan Ramadhan, selain bulan Ramadhan sulit sekali mencari makanan ini. Kalau menurut saya dari namanya, ini jenis makanan manis dan berbentuk lembek2.
           Sejak saya melihat Bongko ini saya penasaran sekali namun tidak pernah sempat membelinya karena berbagai macam alasan yang saya buat sendiri (hehehehehe). Dan pada akhirnya ditahun ini rasa penasaran saya sudah diubun-ubun, saya bertekad harus membelinya. Dan tepat di kemarin sore saya membeli makanan ini.

           Anggapan saya tentang makanan ini masih sama, yaitu makanan manis dan lembek2, bisa dibilang seperti bubur begitu. Tapi dugaan saya yang semula jenis bubur ternyata salah karena setelah bungkusannya dibuka adalah seperti ini :
           Bukan bubur yang kental tapi ada kuah santannya. Ini sih bisa saya bilang sejenis angsle dengan kuah santan yang sedikit. Isinya terdiri dari irisan pisang, irisan roti, sagu/mutiara, irisan nangka dan serutan kelapa muda dan disiram dengan sedikit kuah santan yang manis. Rasanya mirip seperti angsle. Mungkin itu memang benar angsle hanya packagingnya saja yang dimodifikasi oleh orang Gresik : P. 
Dengan menggerutu dalam hati saya "ini mah angsle" akhirnya rasa penasaran saya sejak 2011 terbayar sudah. 

Oh iya, harga sebungkus Bongko ini dijajakan berkisar 4 ribu - 5 ribu rupiah saja. 




0 komentar:

Post a Comment

 

Corat Coret Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review