Wednesday 26 February 2014

Sehat itu Berawal dari Muda

Diposkan oleh corat coret di 07:34:00
           Wah...lama tak posting, semakin sibuk dan sibuk dan sibuk. Hmmm posting apalagi kali ini ya...? well..masalah menjaga kesehatan saja sepertinya. Oke chek it out!!!!!

           Akhir-akhir ini penyakit yang paling sering menyerang manusia adalah diabetes, jantung dan kolesterol. Bener nggak? saya rasa, semua pasti meng-iyakan. Tengoklah tetangga temands kanan kiri diumur masih 40-an sudah banyak terserang penyakit diabetes, jantung dan kolesterol. Kalau diamati cikal bakalnya, penyakit ini adalah penyakit akibat pola makan yg salah sedari muda. Iya sedari muda foya-foya urusan makanan tuanya fakir kesehatan...ckckckckckckcckckckck sudah begitu tidak diimbangi olahraga secara teratur lagi. 
           Anak muda cenderung menyepelekan masalah makanan, semua jenis makanan dilahap sesuka hati, dengan porsi yang bisa dibilang well...sudah over. Dan jika diperingatkan pasti bilang "masih muda kok tenang saja"  Hey....temands, kalian harus mengatur pola makan kalian dan apa saja yg kalian makan. Bukan..bukan...hal itu bukan hanya untuk orang diet saja, tapi semua orang harus melakukannya sejak dini. Ingat sejak dini, karena kesehatan dimasa tua itu dipengaruhi oleh kebiasaan dimasa muda. 
Saya sendiri juga sudah menjaga pola makan sejak 3 tahun yang lalu, saat saya harus kehilangan Ayah saya karena penyakit diabetes. Kata orang, penyakit diabetes itu bisa menurun, sehingga saya termotivasi untuk menjaga pola makan saya sedari muda. Karena saya juga rawan terkena diabetes. 
Ada beberapa hal yang harus saya perhatikan dan saya lakukan dalam menjaga pola makan saya, yaitu :


Makan Malam

Sering atau bahkan setiap hari makan malam diatas jam 7? itu kebiasaan jelek menurut saya. Kadang ada teman saya chat yang bertanya "tary sudah makan?" (pertanyaannya dilontarkan saat jam makan malam) kemudian saya jawab "oh..tidak, saya tidak makan malam" dan teman itu berkata "kenapa tidak makan? nanti sakit lho" . Wedeeewwww...heloooooo justru kalau makan malam akan sakit dikemudian hari, nanti saat tua malah banyak penyakitnya. Mengapa bisa begitu? iya temands...kita pakai logika sederhana saja ya, tidak usah membicarakan yang rumit karena saya juga bukan ahli gizi. Begini, dimalam hari...tidak banyak aktivitas yang kita kerjakan bukan? karena kita menjelang tidur..waktunya istirahat untuk memulihkan tenaga kita. Untuk itu, tubuh kita tidak memerlukan kalori untuk beraktivitas, jadi kita tidak perlu makan malam. Biarkan saja perut kita kosong. Justru, kalau kita makan malam sedangkan tidak ada aktivitas fisik, maka kalori itu akan menumpuk artinya kebutuhan kalori kita berlebihan sehingga akan ditimbun menjadi lemak oleh tubuh. Jika, itu dilakukan secara berulang-ulang sedari muda maka...tidak salah kalau kita menjadi gendut. Dan lama-lama bisa obesitas. Ya...obesitas alias over kelebihan berat badan. Hal ini memicu kolesterol dan jantung, karena kerja jantung diganggu oleh penumpukan lemak.

Makan Harus dengan Nasi

Menurut saya makan tidak harus dengan nasi. Karena nasi itu mengandung glukosa yang tinggi. Glukosa itu zat gula temands..Makanya, kalau dokter sudah menvonis diabetes pada pasien, maka asupan nasi pasti dikurangi..Lalu bagaimana untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh kita? Untuk memperoleh asupan karbohidrat, kita bisa makan dari jenis umbi-umbian (kentang, singkong, ketela) atau jagung. Hmmm bisa nasi jagung mungkin kalau temands suka. Kebiasaan orang Indonesia, makan pasti harus pakai nasi. Sangatlah sulit mengubah kebiasaan seperti itu. Tapi, demi investasi kesehatan yang terjamin dimasa tua, apa salahnya kita coba. Saya saja, baru terbiasa makan tanpa nasi. Makan saya hanya condong ke sayuran, buah-buahan dan jenis makanan yang mengandung protein seperti telur rebus, ikan dan olahannya, serta daging ayam dan sapi serta olahannya tanpa nasi. Untuk memenuhi asupan karbohidrat saya selingi makan jagung rebus atau kentang rebus.

Puasa

Siapa bilang puasa bikin lemas? bikin sakit? itu hanya kata orang-orang yang malas saja. Jika kita muslim, justru puasa sangat dianjurkan bahkan oleh Nabi kita. Lebih membuat sehat, karena membantu pencernaan kita bekerja sempurna. Jika temands (maaf) bukan muslim, bisa saya recommend untuk menjalankan OCD nya Dedy Corbuzier . Bermanfaat sekali, karena saya juga menjalankannya kok. Ini membantu sekali untuk mengatur pola makan kita. 

Air Putih

Ini penting, banyaklah minum air putih. Sejak dari bangun tidur upayakan minum satu sampai dua gelas air putih. Kita selalu lupa untuk minum air putih, padahal air putih penting untuk membantu kerja ginjal dalam membuang racun tubuh. Setidaknya dalam sehari minumlah 8 gelas air putih. Air putih murni lho bukan air putih campur teh, air putih campur sirup atau air putih campur kopi hahahahahaha

Cemal-cemil

Ini jelas tidak sehat, apalagi kalau cemilannya berupa keripik, coklat, ice cream, permen, biskuit, semua snack ringan, dan semua yang mengandung gula. Kalau salad bagaimana? hmmm salad itu boleh asal tanpa sausnya ya...yang bikin salad tidak sehat itu karena sausnya mengandung mayonaise dan keju itu tinggi sekali kalorinya. Daripada makan salad lebih baik makan nasi satu piring lengkap dengan sayur dan lauknya, karena nilai kalorinya sama namun nasi akan lebih mengenyangkan daripada salad.

Olahraga

Ini pelengkap dari semuanya, badan kurusan tapi kalau kulit kusut semua, otot kendor karena pengaturan pola makan yang jelas bikin badan susut, jadinya nggak sip. Makanya harus olahraga. Olahraganya pun ya harus dipilih yang mengencangkan otot badan ya..bukan untuk melatih kerja jantung alias cardio. Olahraga apaan yang bisa mengencangkan otot...perhatikan ulasan dibawah ini temands (mencuri olahraga yang dipakai pada program OCD nya om Dedy Corbuzier, karena hanya perlu waktu 7 menit saja...thats great untuk saya yang terlalu sibuk). Oh ya..olahraga yang ideal adalah ketika perut kosong, jadi lakukan setelah bangun tidur dan sebelum sarapan ya (kalau temands tidak puasa dan tidak sedang OCD).















Lakukan semua olahraga ini setiap hari ya temands...itu semua olahraga yang bisa mengencangkan otot tubuh. Latihannya mudah bukan? tidak perlu alat ini itu. Setiap gerakan hanya 30 detik saja dan perpindahan dari gerakan satu ke gerakan yang lain usahakan hanya 10 detik saja masa transisi atau istirahat. Semua gerakan itu bisa di ulangi 2 sampai 3 kali.

           Well, itu saja yang bisa saya sharekan dalam postingan ini. Jika semuanya dilakukan secara rutin, teratur dan disiplin. Pasti akan berhasil, ingat..kesehatan itu mahal. Mulailah hidup sehat sedari dini ya......^^

0 komentar:

Post a Comment

 

Corat Coret Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review