Friday 16 October 2015

Es Degan Imitasi

Diposkan oleh corat coret di 09:59:00
Degan Imitasi
           Ceritanya nih Malang yang biasanya adem (Ok fix berhenti berpura-pura, dulu memang adem. Dulu itu sekitar lebih dari 10 tahun yang lalu, kalau sekarang ya panas) sedang dalam kondisi panas maksimal. Panasnya itu hingga saya tidak suka tidur diatas bed saat malam hari, lebih enak tidur dilantai pakai alas tikar saja. Antara Malang - Surabaya - Gresik sudah tidak ada beda, panasnya cakep sekali. Disiang hari yang panas saya jadi ingin minum es, tidak mau beli diluar karena panas. Jadilah saya membuat Es dengan bahan seadanya dan hasil contekan di group masak di FB. Basic resepnya dari bunda Nisa Anggraeni tapi saya modifikasi dengan cara saya sendiri. Namanya Es Degan Imitasi. Mengapa imitasi?? karena memang memakai degan imitasi, bukan degan asli tapi degan KW yang dibuat dari NutriJell (ini cakep yang punya ide ini). Ini resepnya tapi sudah saya modifikasi hasil suka-suka :


Bahan Degan :
1 bungkus Nutrijell plain (Resep asli dan seharusnya memang pakai Nutrijell plain, tapi karena saya tidak ada stock maka saya memakai Nutrijell rasa anggur dan serbuk acidnya tidak dipakai supaya tidak berasa asam)
2 bungkus santan Kara (Resep asli hanya memakai 1 bungkus saja, saya memakai 2 bungkus untuk menyamarkan rasa anggur dari Nutrijell dan supaya warnanya tidak terlalu kelihatan ungu)


Bahan Gula : (Resep asli disajikan dengan sirup cocopandan saja sedangkan saya membuat gula sendiri)
3 batang kayu manis

8 sendok makan gula (takarannya boleh sesuka hati)
100 ml air

Bahan tambahan :
susu kental manis putih
melon serut
selasih yang dimekarkan
es batu

Cara Membuat :
1. buat Nutrijell seperti biasa yang dicantunmkan di bungkusnya hanya saja ditambahin santan Kara. Untuk hasil yang kenyal kurangi saja takaran airnya. Setelah mendidih, angkat dan tempatkan diwadah dan biarkan menjadi jelly.

2. sementara menunggu jelly-nya dingin, buat gulanya. Rebus air tambahkan gula dan kayu manis. Biarkan gula larut dan mendidihkan, lalu angkat.
2. serut jelly yang sudah jadi dengan serutan degan, sisihkan.

3. sajikan serutan jelly degan imitasi bersama gula tambahkan susu kental manis, air, dan masukkan melon serut dan selasih. Supaya dingin ya dimasukkin es tube/es batu.

Note :
Silahkan berkreasi sendiri untuk isian esnya atau gulanya dan cara penyajiannya. Sebenarnya tidak ada takaran untuk membuat es ini, semuanya suka-suka saja^^. Hasil jadinya, tidak terlalu manis karena memang yang saya mau rasa yang begini dan beraroma kayu manis, segar untuk melegakan tenggorokan yang kering, tapi tidak mampu melegakan dompet yang kering. Hahahahahahahaha



0 komentar:

Post a Comment

 

Corat Coret Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review