Tuesday 13 October 2015

Bolu Kukus Jerman

Diposkan oleh corat coret di 07:49:00
           Beberapa bulan join di salah satu group masak FB, banyak macam-macam resep dan salah satunya adalah Bolu Kukus Jerman. Jangan tanyakan ke saya mengapa namanya kok Jerman mengapa tidak Belanda/Swiss atau Indonesia saja karena saya juga tidak tahu sejarahnya hehehehe.
Akhirnya eksekusi Bolu Kukus Jerman karena dipanas-panasin emak, iya emak lagi ingin ngemil tapi yang nggak beli dan beliau tahu kalau saya punya resep bolu yang saya gembar-gemborkan mau eksekusi dari beberapa minggu yang lalu tapi malas sekali ambil mixer-masang-dan dengar suaranya yang berdesing-desing. Baca-baca comment temands di group masak itu banyak yang bilang "kue ku kok bantat". Bantat selalu jadi momok tersendiri untuk bolu kukus ini, tapi saya nggak takut bantat, wong saya dari kecil selalu jadi korban kebantatan/kegagalan kue bikinan emak hehehehehe....
Bolu Kukus Jerman hasil eksekusi saya

           Kelamaan ceritanya, okelah ini resep Bolu Kukus Jerman dari Mama Shanum ya....: (ini versi asli resepnya, nanti saya beri note dibawah untuk tambahan-tambahannya)



Resep
* 4 butir Telur
* Terigu 1 gelas Belimbing
* Gula pasir 1 gelas belimbing
* 1 Sachet SKM putih
* 1/2 sdm SP
* 1/2 bungkus mentega (cairkan/dilelehkan)
* 1sdt Vanili
* 3.5 sdm Maizena

Cara Buat :
* Mix semua bahan kecuali Terigu dan Mentega dengan kecepatan tinggi selama 10menit
* Mix lagi 10 menit dengan kecepatan sedang kemudian masukan terigu dan mentega aduk sampai rata
* Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega
* kukus selama 25menit.

NOTE :
1. Di resep tertulis ukuran gula adalah 1 gelas belimbing, berdasarkan eksekusi saya, ukuran itu terlalu manis jadinya. Yang tidak suka dengan rasa kue yang manisnya kuat jadi merasa eneg, mungkin bisa dikurangi jadi 1/2 gelas belimbing saja.
2. Resep Mama Shanum tidak diberi pewarna sehingga nanti hasil jadinya putih, kalau mau diberi warna silahkan. Kalau difoto saya itu saya pakai warna biru merk Rajawali tapi entah mengapa warnanya jadi hijau begitu.
3. Dari baca-baca blog tetangga, lamanya mixing adonan bukan patokan utama. Yang menjadi patokan utama saat mixing adonan di 10 menit pertama adalah pastikan adonan benar-benar kental dan mengembang. Cirinya adalah adonan berwarna putih, jika adonan dicolek sedikit adonan tidak jatuh dan saat dimixing adonan sudah meninggalkan jejak baling-baling mixer.
4. Air untuk mengukusnya harus benar-benar mendidih, baru masukkan adonan untuk dikukus.
5. Penutup kukusan dialasi lap/serbet kain fungsinya agar uap air tidak jatuh ke adonan.
6. Jangan buka tutup kukusan, biarkan saja sesuai waktu yang sudah ditentukan baru dibuka. Karena membuka tutup kukusan bisa mengakibatkan bolu bantat, kue yang dikukus/dioven memerlukan temperatur suhu yang stabil.

           Hasil kuenya lembut sekali dan nyesss empuk cocok sekali untuk teman minum teh, silahkan di coba sendiri ya temands ^^
 

0 komentar:

Post a Comment

 

Corat Coret Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review