Wednesday 18 June 2014

XSProject, Daur Ulang Sampah

Diposkan oleh corat coret di 01:00:00
           Temands, pakai produk ini dirumah?? tentunya minimal salah satunya pernah pakai kan? Kalau isi didalamnya habis, bungkusnya pasti dibuang kan?? Berakhirlah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Jenis sampah plastik seperti ini kan tidak bisa diurai tanah, jika semua orang di Indonesia memakai produk-produk berbungkus plastik, bisa dibayangkan berapa banyak sampahnya?? Jika sampahnya tidak bisa dipakai pupuk, pastilah berujung ditempat pembakaran sampah. Uhhhh...betapa hitam asapnya, polusi sekali ya?? Tapi jika tidak dibakar, sampah-sampah plastik tersebut akan menumpuk ditanah, ini dapat mencemari lingkungan dan menyebabkan tanah menjadi tidak subur. Mengerikan sekali jika bumi dipenuhi sampah seperti di film animasi Wall-E. Aduuuhhh, masa kita mau tinggal di Mars? atau di galaxy Andromeda? Oh...tidak, bumi diciptakan Allah SWT gunanya untuk menjadi tempat tinggal salah satu makhluk Allah yg disebut manusia kok. 

           Namun, ditangan XS Project yang didirikan oleh Ann Wizer seorang visual artist dan aktivis lingkungan. Sampah-sampah plastik tersebut disulap menjadi barang yang bisa digunakan lagi oleh manusia. XS Project adalah sebuah yayasan yang bekerja sama dengan pemulung untuk mendaur ulang sampah plastik dengan tujuan menyelamatkan lingkungan dari pencemaran yang diakibatkan dari menumpuknya sampah plastik tersebut.
           XS Project mendaur ulang sampah plastik menjadi aneka model tas, dompet, kantong dan kantong serbaguna. Tidak ada hanya sampah plastik bekas pembungkus yang didaur ulang tapi sudah merambah ke billboard bekas dan seatcover bekas juga. 

           Karena XS Project ini merupakan yayasan nonprofit, maka semua hasil penjualan produk-produk mereka digunakan untuk melakukan kegiatan sosial dan untuk membeli sampah plastik yang bagus dari para pemulung dengan harga yang tinggi dengan tujuan meningkatkan taraf hidup mereka serta untuk mendirikan XS Project Foundation, yang mana untuk membantu komunitas pemulung dan pengambil sampah agar mendapatkan akses dan bantuan dalam pemenuhan kebutuhan harian mereka, pendidikan bagi anak - anaknya, kesehatan, perlindungan, dan tentunya untuk mengangkat harkat hidup mereka dari kemiskinan. Para pemulung juga dipekerjakan dan diajarkan untuk memproduksi produk-produk daur ulang tersebut.
            Mau tahu produk daur ulangnya?? ini dia.....




Cantik bukan?? Tertarik memilikinya? Temands, bisa mengunjungi situs resmi mereka di link berikut XSProject website dan XSProject facebook. Jadilah generasi muda yang cinta lingkungan ya temands, dengan membeli produk mereka berarti temands telah turut serta menyelamatkan lingkungan dan turut membantu mengentaskan kemiskinan. 


0 komentar:

Post a Comment

 

Corat Coret Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review