Thursday 28 March 2019

Andalan Postpil dan Postinor 2 adalah Kontrasepsi Darurat atau Pil Pencegah Kehamilan

Diposkan oleh corat coret di 08:23:00
          Pernah menjadi orang yang memakai Andalan Postpil pada akhirnya wawasan saya menjadi bertambah. Karena saya tipe orang kepo naudzubillah, sebelum saya memakai atau membeli sesuatu pasti saya googling dulu. Mau itu baca artikel ataupun komen-komen orang di forum, pokoknya saya harus punya wawasan dulu. Dari Andalan Postpil lah akhirnya saya mengetahui semua ini.


Andalan Postpil itu Termasuk Kontrasepsi Darurat (Kondar)

           
gambar : dari Google
Kontrasepsi darurat (Kondar) adalah metode kontrasepsi yang dapat segera mencegah kehamilan setelah berhubungan badan tanpa perlindungan alat kontrasepsi. Jadi, jika mbak-mbak berhubungan badan lalu lupa pakai kondom, atau sudah pakai kondom tapi bocor lalu nggak siap adanya kehamilan, bisa pakai Kondar ini.


         
gambar : dari Google
Andalan Postpil termasuk jenis kondar oral. Selain oral sebenarnya ada kondar yang non oral semacam IUD. Tapi menurut saya lebih ringkes dan praktis yang oral, tinggal lep hahaha. Di pasaran setahu saya ada 2 merk dagang Kondar oral yaitu Andalan Postpil dan Postinor 2.


Cara Minum atau Pakai Kontrasepsi Darurat Oral


  • Untuk Andalan Postpil. Di dalam kemasannya terdapat 2 tablet. Dua tablet ini langsung diminum segera setelah terjadinya hubungan badan tanpa alat kontrasepsi. Paling lambat minumnya 120 jam atau 5 hari setelah terjadinya hubungan badan tanpa alat kontrasepsi. Lebih cepat lebih bagus untuk efektivitas kerjanya.
  • Untuk Postinor 2. Di dalam kemasannya terdapat 2 tablet. Tablet pertama harus diminum paling lambat 72 jam setelah terjadinya hubungan badan. Tablet kedua diminum 12 jam setelah tablet pertama diminum. 
          Kesalahan dalam meminum Kondar ini akan berakibat kegagalan fungsi Kondar tersebut. Ada yang perlu diingat, Kondar ini tidak berlaku jika kehamilan sudah terjadi. Dan bukan pil penggugur kandungan. 

Pro dan Kontra Kontrasepsi Darurat

          Tidak semua orang tahu informasi tentang konstrasepsi darurat semacam ini, bahkan untuk pasangan sah suami istri. Karena menurut saya informasi seperti ini sangat rawan disalahgunakan bagi remaja atau pasangan belum menikah yang sudah melakukan hubungan badan tanpa pernikahan a.k.a seks bebas namun tidak menginginkan adanya kehamilan. Sebetulnya tanpa Kondar pun bisa saja free seks terjadi, bisa pakai kondom yang dijual bebas di apotek, minimarket bahkan online shop. Namun Kondar ini perannya kan sebagai kontrasepsi pencegah kehamilan yang mana hubungan badan sudah terjadi dan sperma sudah terlanjur masuk. Ringkasnya sih Kondar ini pil pencegah kehamilan.  

          Dibalik ketakutan penyalahgunaan Kondar, ada keuntungannya bagi pasangan resmi yang gagal kontrasepsinya dan belum ingin memiliki momongan. Jadi istilah "kesundulan" atau "kebobolan" bisa diminimalisir. Sehingga kehadiran anak adalah benar-benar yang diharapkan. Kondar ini juga sangat membantu bagi korban pemerkosaan, asal cara minumnya benar, kehadiran seorang anak hasil dari pemerkosaan bisa ditekan.

Harga dan Pembelian Kondar (Andalan Postpil atau Postinor 2)

          Di Indonesia sendiri Kondar tidak dijual secara bebas, mungkin alasan ketakutan disalahgunakan bagi pasangan belum menikah. Saya sendiri mendapatkan Andalan Postpil di bidan di tempat saya konsultasi KB. Pernah suatu ketika saya lupa stock dan saya mencari di beberapa Apotek, mereka bilang tidak ada. (padahal saya waktu ke Apotek bawa baby saya beserta suami looh. Ya kali mereka bakal curiga ini perempuan sudah menikah belum yaaa). Bisa jadi jika mau membeli Kondar ini kita dimintai bukti buku nikah. 

          Saya sempat searching di beberapa marketplace, ternyata ada yang menjual Andalan Postpil dan Postinor 2. Namun saya ternganga dengan harga yang mereka tawarkan ( sellernya tahu kali ya...kalau product semacam ini limited stock di pasaran dan nggak gampang didapatkan sehingga mereka memainkan harga disana). Harga Andalan Postpil dibanderol Rp 35.000-Rp 80.000 per pack . Begitupun Postinor 2 dipatok sebesar Rp 45.000-Rp 80.000 per pack. Itu harganya mahal sekali, padahal saya waktu beli di bidan harga Andalan Postpil cuma Rp 18.000 per pack. 

          Andalan Postpil dan Postinor 2 adalah kontrasepsi darurat atau pil pencegah kehamilan setelah 72 jam (3 hari) berhubungan badan tanpa kontrasepsi. Bagi yang belum menikah silahkan merogoh kocek dalam untuk mendapatkannya di online shop itupun belum tentu mereka ready stock. Bagi yang sudah menikah, coba bawa buku nikah (untuk jaga-jaga) dan datanglah ke bidan terdekat.

Jangan coba-coba freeseks jika belum siap menanggung beban mental dan moral.

0 komentar:

Post a Comment

 

Corat Coret Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review