Wednesday 27 March 2019

Andalan Postpil Kontrasepsi Darurat : Efek dan Pengaruh Andalan Postpil yang Membuat Jerawat

Diposkan oleh corat coret di 20:28:00
          Setelah melahirkan dan darah nifas hampir selesai (btw saya nifas hanya 2 minggu saja, jadi minggu ketiga setelah melahirkan sudah bersih dan bisa....hehehehehe, nggak perlu ditulis pasti tahu kan? iya kan?) saya sudah mikir harus KB nih. Jadi, datanglah saya ke bidan terdekat untuk berkonsultasi. Saya menolak memakai IUD karena saya nggak mau "diobok-obok" lagi, membayangkannya saya sudah ngilu. KB suntik bukan pilihan yang tepat juga karena saya takut jarum. Saya juga bukan orang yang suka pakai kondom. Saya bilang lebih baik saya pakai pil KB walau harus pasang alarm setiap hari untuk reminder. Dan hasil dari konsultasinya adalah : 


Bidan menyarankan saya untuk memakai Andalan Postpil karena saya nggak setiap hari bertemu suami, hanya seminggu sekali.

         
          Setelah saya baca Post Pil Andalan adalah termasuk kondar atau kontrasepsi darurat. Dan siapa saja yang perlu kontrasepsi darurat? Inilah kriteria orangnya :

  • Jika Anda tidak menggunakan alat kontrasepsi
  • Jika Anda lupa minum pil KB lebih dari 2 hari berturut-turut
  • Jika Anda lupa atau terlambat suntik KB tiga bulanan kurang dari 2 minggu
  • Jika Anda lupa atau terlambat suntik KB 1 bulanan kurang dari tujuh hari
  • Jika kondom yang digunakan bocor atau lepas
  • Jika Anda menjadi korban pemerkosaan (kurang dari 5 hari)

          Di website KB Andalan tertulis bahwa Andalan Postpil hanya digunakan untuk kontrasepsi darurat dan tidak digunakan secara berulang-ulang sebagai kontrasepsi rutin. Dari sini saya berpikir, bukankah berhubungan seminggu sekali itu bisa dikatakan rutin ya? Tapi kok bidan menyarankan pakai Andalan Postpil. Ya sudah, karena nakes atau tenaga kesehatan yang menyarankan ditambah lagi beliau merupakan bidan delima plus senior, saya nurut saja. Toh kalau nggak cocok bisa ganti.

Efek atau Pengaruh Andalan Postpil terhadap saya

          Saya hampir lupa sudah berapa kali repurchase Andalan Postpil, mungkin lebih kurang sekitar 14 bungkus. Setelah sebanyak itu saya meminumnya ada efek yang saya rasakan, antara lain :

  • Menstruasi akan datang setelah 7 hari minum Andalan Postpil. Misal pada Jumat minggu ini saya minum Andalan postpil, maka bisa dipastikan hari Jumat atau Sabtu paling lambat minggu berikutnya menstruasi akan datang.
  • Mood swing. Kalau menstruasi mau datang, mood saya pasti kacau dan jadi lebih galau dan baper. Nah, karena si Andalan Postpil ini mendatangkan menstruasi pasca 7 hari minum, maka saya jadi moody dan baper nggak ketulungan.
  • Nafsu makan tinggi sekali, sampai bikin jarum timbangan ke kanan terus. Disini saya sama sekali nggak bisa ngerem makan. Lapar terus.
  • Muka jadi penuh jerawatan. 
          Itu yang terjadi pada saya, selama saya pakai Andalan Postpil. Kalau hanya minum 1-3 bungkus efeknya belum terasa, bungkus ke-4 dan seterusnya barulah efek-efek itu berpengaruh terhadap saya. Yang paling terlihat sekali adalah munculnya jerawat. Jerawat beruntusan di jidat dan beberapa jerawat di dagu dan pipi. Belum juga ikan buntalnya berubah jadi putri duyung ini sudah diteplokin kacang atom di wajah. Disitu saya merasa sedih (wooooo drama...). Dari semenjak itu pada akhirnya membuat saya beralih ke pil KB biasa. Nggak masalah dengan ribetnya yang harus diminum ontime pada jam yang sama setiap hari, toh ada alarm. Bisa disetting lah daripada sudah gendut jerawatan pula. Double killed. 

          Kepo kan? saya akhirnya pakai pil KB apa, simak saja terus postingan berikutnya.






 









0 komentar:

Post a Comment

 

Corat Coret Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review